Kontrol dan Keliling, Upaya Deteksi Dini Blok Hunian Lapas Perempuan Palangka Raya

Pengecekan blok hunian WBP yang dilakukan oleh Lapas Perempuan Palangka Raya, Kamis (9/5/2024).

kontenkalteng.com, Palangka Raya - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Perempuan Kelas IIA Palangka Raya, Sri Astiana bersama jajaran melakukan pengecekan terhadap blok dan area kamar hunian.

Baca juga: Razia Lapas Kelas IIA Palangka Raya, Petugas Sita Berbagai Barang Milik Penghuni

Hal ini dimaksudkan sebagai langkah dan upaya deteksi dini terjadi pelanggaran di lingkungan lapas. Tidak hanya itu, dimomen ini dimanfaatkan untuk melakukan kontrol keliling (Trolling) dan berdialog bersama dengan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) di kamar blok hunian. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas," kata Sri Astiana, Kamis (9/5/2024).

Kalapas menyampaikan kepada para WBP agar tetap memelihara kebersihan blok, menjaga kesehatan, dan selalu mentaati aturan yang berlaku.

Ia menjelaskan, pemantauan langsung ke blok hunian merupakan upaya untuk memastikan kondisi WBP dalam keadaan baik-baik saja. Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan terhadap warga binaan.

Astiana berharap, dengan adanya kegiatan rutin ini, dapat membantu meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap WBP, sehingga tujuan pemasyarakatan dapat tercapai dengan baik.

"Kami melakukan pengecekan dan dialog dengan WBP untuk mendeteksi dini adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Ini merupakan upaya preventif agar situasi di dalam Lapas tetap kondusif," pungkasnya.

Untuk diketahui hadir dalam kegiatan itu, yakni Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka.KPLP), Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik). 

Kemudian Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Kamtib), Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubag TU), dan staf mendampingi Kalapas untuk bergerak melakukan pengecekan kamar hunian. (RF-OR1)