Sering Mengamuk, ODGJ di Jalan Mendawai Dievakuasi

Tim Call Center 112 Palangka Raya saat mengevakuasi ODGJ di Jalan Mendawai, Senin (6/5/2024).

kontenkalteng.com, Palangka Raya - Kerap meresahkan masyarakat di kawasan Jalan Mendawai, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dievakuasi.

Baca juga: Pria Diduga ODGJ Rusak Pintu Kafe dan Sepeda Motor Milik Warga

Evekuasi itu dilakukan oleh tim Call Center 112 Palangka Raya yang terdiri dari DPKP, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Palangka Raya dan juga aparat kepolisian setempat, Senin (6/5/2024).

Penanggung jawab Call Center 112 Palangka Raya, Gloriana Aden mengatakan, bahwa evakuasi ini merupakan bentuk tindak lanjut dari laporan masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan ODGJ tersebut.

“Berdasarkan keterangan warga setempat, ODGJ ini sering berulah dan mengamuk sehingga menimbulkan keresahan di lingkung masyarakat,” katanya. 

Lanjutnya pula, jika sedang kambuh ODGJ tidak segan dapat memukul mobil dan motor milik masyarakat sekitar. Pihak keluarga juga mengaku sudah pasrah dan menyerah atas kelakuan anggota keluarganya yang mengidap ODGJ itu.

"Disini kami menemui ibu kandung dari ODGJ tersebut agar turut mendampingi anaknya untuk diantarkan ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei," urainya.

Menurutnya, Tim Call Center 112 Palangka Raya selalu siap untuk merespons setiap panggilan darurat yang masuk. Mereka akan segera bergerak untuk menangani berbagai situasi, termasuk mengevakuasi ODGJ yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Ingat apabila dalam situasi dan kondisi darurat memerlukan bantuan maka masyarakat diminta untuk segera menghubungi call center 112 Palangka Raya," pungkasnya. (RF-OR1)