8 April 2024 Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Palangka Raya

Ilustrasi pemudik lebaran (Ist)

kontenkalteng.com,, Palangka Raya - Hari Raya Idul Fitri 1445 H hanya tinggal menghitung hari saja. Momen ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya bertemu sanak keluarga.

Baca juga: Penumpang di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Naik 30 Persen: Puncaknya 30 April-1 Mei

Kasat Lantas Polresta Palangka Raya Kompol Salahiddin mengatakan, bahwa puncak arus mudik di Kota Cantik ini terjadi pada 7-8 April 2024. Oleh sebab itu pihaknya selalui mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dalam perjalanannya.

“Kita ada unit urai macet melaksanakan patroli mobile di wilayah hukum Polresta Palangka Raya. Selain itu juga terdapat empat pos terdiri Pos Pam, Pelayanan dan terpadu yang tersebar di sejumlah titik,” katanya, Minggu (7/4/2024). 

Untuk memberikan rasa dan nyaman kepada masyarakat dalam mudik ini, Korlantas Polri secara serentak menggelar Operasi Ketupat Telabang yang berlangsung hingga 16 April 2024 mendatang.

“Kita sudah melakukan kegiatan pencegahan pelanggaran lalu lintas laka lantas pemasang soanduk sosialisasi dan edukasi bersama dinas terkait. Pihak Perhubungan juga  melaksanakan pengecekan keandaraan angkutan barang untuk arus mudik 2024,” urainya.

Ia berpesan kepada pemudik apabila kelelahan di waktu perjalan dapat istirahat sejenak di pos pos pam yang telah disediakan. Hal itu bertujuan untuk menghindari kerawanan, pasalnya kecelakaan pasti diawali oleh pelanggaran lalu lintas. 

“Untuk kondisi sekarang sudah mulai terlihat melintas mudik lebaran, terjadi pergeseran dari satu tempat ke tempat tujuan. Terlebih yang menuju ke arah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (RF-OR1)