Wajib Tahu, 7 Singkatan Nama Pahlawan Jarang Diketahui

Pahlawan Indonesia (foto web)

Guys…Indonesia itu banyak sekali punya pahlawan yang rela mempertahuhkan jiwa raganya agar republic ini merdeka dan kita saat ini yang menikmati hasil perjuangan para pahlawan itu.

Baca juga: Jadikan Momen Hari Pahlawan Sebagai Ajang Mempekenalkan Pejuang Asli Kalteng

Tapi tahu kah kamu, ternyata ada beberapa pahlawan yang memiliki nama singkatan dan sering kita sebutkan sehari-hari, tapi masih banyak dari kita yang tidak mengetahui kepanjangannya.

Dirangkum dari beberapa sumber ini sejumlah singkatan nama pahlawan di Indonesia.

1. HOS Tjokroaminoto

(foto web)

Pahlawan yang satu ini adalah tokoh yang membukan jalan sistim atau gerakan melawan penjajah melalui gerakan keorganisasin. Beliau adalah pemimpin dari Sarekat Dagang Islam. HOS adalah singkatan dari Hadji Oemar Said Tjokroaminoto.

2. BUYA HAMKA

(Foto web)

Buya HAMKA adalah salah satu tokoh pergerakan Indonesia yang juga tokoh agama islam dan juga penulis buku. Sejumlah karyanya antara lain ; Dibawah Lindungan Ka’bah, Merantau Ke Deli , Tenggelamnnya Kapal Van der wijck dan masih banyak lainnya.

Buya Hamka memiliki nama yang sangat Panjang kemudian disingkat menjadi HAMKA. Nama lengkapnya adalah Haji Abdul Malik Karim Amrullah, disingkat HAMKA.

3. MT Haryono

(Foto web)

MT Haryono adalah salah satu pahlawan revolusi yang terbunuh pada peristiwa G30S. Jenderal bintang tiga tersebut kini dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta.

MT Haryono singkatan dari Mas Tirtodarmo Haryono

4. TB Simatupang

(Foto Web)

Nama pahlawan ini sekarang menjadi salah satu nama jalan di Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Simatupang adalah tokoh militer asal Sumatera Utara. Dia merupakan merupakan seorang tokoh militer Indonesia yang menjadi Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia oleh Presiden Soekarno

Nama TB Simatupang singkatan dari Tahi Bonar Simatupang..

5. RE Martadinata

(Foto web)

Pahlawan ini pernah ditunjuk sebagai pimpinan BKR Laut Banten yang bertugas untuk melindungi laut Baten dan Utara Jakarta.

Dia kemudian menjadi pemimpin untuk perebutan kapal Jepang di Pasar Ikan Jakarta.

Nama RE Martadinata merupakan salah satu pahlawan Angkatan Laut Republik Indonesia. RE singkatan dari Raden Eddy Martadinata.

6. DI Panjaitan

(Foto web)

Salah satu pahlawan revolusi ini berasal dari Balige Sumatera Utara kelahiran 19 Juni 1925. DI Panjaitan adalah singkatan dari Donald Isaac Panjaitan

7. HR. Rasuna Said

(Foto web)

Tidak banyak yang tahu bahwa HR Rasuda Said adalah seorang perempuan. HR singkatan dari Hajjah Rangkayo Rasuna Said yang merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia.

HR Rasuna Said menjadi tokoh yang memperjuangkan persamaan hak laki-laki dan perempuan. Ia juga mengajar wanita di tanah Minang.