Polda Kalteng Mutasi Besar-besaran, Empat PJU dan Lima Kapolres Berganti

Proses sertijab yang berlangsung di Gedung Graha Bhayangkara Polda Kalteng, Kamis (28/12/2023).

kontenkalteng.com, Palangka Raya - Bertempat di  Gedung Graha Bhayangkara, Polda Kalteng, Kamis (28/12/2023), Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto memimpin langsung upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat utama (PJU) dan 5 kapolres..

Baca juga: Kapolda Kalteng Pimpin Sertijab 2 PJU dan 2 Kapolres, Ini daftarnya

Adapun pejabat yang melaksanakan sertijab hari ini yaitu, Kepala Biro Operasional (Karoops) dari Kombes Pol Tory Kristanto kepada Kombes Pol Dedi Wiratmo yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Kamneg Baintelkam Polri. Sedangkan Kombes Tory akan mengisi jabatan sebagai Karoops Polda Metro Jaya.

Jabatan Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) dari Kombes Pol Nono Wardoyo diserahkan kepada AKBP Dodo Hendro Kusuma yang sebelumnya menjabat Wadirreskrimsus Polda Kalteng.

Kemudian, jabatan Dirpolairud dari Kombes Pol Boby Paludin Tambunan diserahkan kepada AKBP Handono Subiakto yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirpolairud Polda Jatim.

Sedangkan untuk jabatan Kabidpropam dari Kombes Pol Raden Ferry Indarmawan kini diserahkan kepada Kombes Pol Nugroho Agus Setiawan yang sebelumnya menjabat Kabidpropam Polda Maluku.

Tidak hanya itu, ada sebanyak lima kapolres jajaran di wilayah Bumi Tambun Bungai ini yang turut mengalami perganti. 

Untuk jabatan Kapolres Kapuas dari AKBP Kurniawan Hartono diserahkan kepada AKBP Gede Pesek Muliad Nyana yang sebelumnya menjabat Kapolres Barut. Sedangkan jabatan Kapolres Barut diisi oleh AKBP Gede Eka Yudharma yang sebelumnya menjabat Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Lampung.

Kemudian, untuk jabatan Kapolres Kobar dari AKBP Bayu Wicaksono diserahkan kepada AKBP Yusfandi Usman yang sebelumnya menjabat Kapolres Barsel. Sedangkan jabatan Kapolres Barsel diserahkan kepada AKBP Asep Bangbang Saputra, yang sebelumnya menjabat Kapolres Gunung Mas.

Dan untuk jabatan Kapolres Gunung Mas sendiri diisi oleh AKBP T. Priyo Santosa yang sebelumnya mengemban jabatan sebagai Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda NTT.

Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Erlan Munaji mengatakan, bahwa ia mengucapkan terima kasih kepada para pejabat yang lama atas inovasi dan dedikasi selama mengabdi di Polda Kalteng. 

"Kepada para pejabat yang baru, saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Polda Kalteng. Diharapkan agar dapat menyesuaikan dengan situasi di tempat kerjanya yang baru ini," katanya.

Erlan juga mengatakan, acara sertijab ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Surat Telegram Kapolri yang dikeluarkan beberapa pekan lalu.

"Mutasi ini merupakan hal biasa di tubuh Polri, ini adalah sebuah reward pimpinan kepada personelnya. Sekaligus bentuk penyegaran terhadap Institusi Polri," pungkasnya. (OR1)