Sempat Memangsa Ternak Ayam, Piton 4 Meter Ditangkap

Petugas dibantu warga dilibatkan dalam menangkap seekor ular piton, Minggu (24/3/2024).

kontenkalteng.com, Palangka Raya - Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) kembali berhasil mengamankan seekor reptil melata yang memangsa ternak milik warga.

Baca juga: Ular Piton Sepanjang 2,5 Meter Mangsa Binatang Peliharaan Warga Palangka Raya

Kejadian tersebut terjadi di salah satu kandang ternak milik masyarakat di Jalan Tangkuhis, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Minggu (24/3/2024) malam kemarin. 

Dalam tindakan evakuasi itu, Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya dibantu olehBasarnas dan Satpol PP sera warga setempat.

Komandan Rescue Damkar Kota Palangka Raya Sucipto mengatakan, usai berhasil dievakuasi, seekor ular piton itu memiliki ukuran sepanjang 4 meter dengan besar 4 sentimeter dan berbobot berkisar belasan kilogram.

“Berdasarkan laporan dari warga setempat, ular ini pertama kali ditemukan di dalam kandang dan memangsa seekor ayam milik warga setempat,” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah ada laporan dari warga itu pihaknya segera mendatanginke lokasi kejadi bersama Satpol PP dan Basarnas Kota untuk dapat bersama-sama melakukan evakuasi terhadap ular tersebut.

“Diduga ular tersebut mencari makan lantaran ekosistem makannya di kawasan tersebut telah rusak, kemudian terpaksa menyerang ternak atau hewan peliharaan warga,” tuturnya.

Setelah diamankan, ular itu lalu dibawa ke Pos Rescue Damkar untuk nantinya dapat dilepaskan kembali ke alam liar, jauh dari pemukiman penduduk.

“Kami kan lepas liarkan. Saya sampaikan kepada masyarakat, jika ada temuan ular segera laporkan dan jangan dievakuasi sendiri jika tidak mengetahui tekniknya. Karena bisa membahayakan,” tutupnya. (RF-OR1)