Cek Syarat dan Ketentuannya! Bawaslu Palangka Raya Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati

kontenkalteng.com,, Palangka Raya - Untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya membuka pendaftaran. 

Baca juga: Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2024 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannya

Pendaftaran itu ditujukan bagi panitia pengawas kecamatan (Panwascam) pada Pilkada nantinya. Registrasi itu telah dibuka sejak 23 April hingga 27 April 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati mengatakan, dalam pembentukan panwascam itu sendiri telah ada pedoman bawaslu mengenai mekanisme untuk pengawasan pilkada nantinya.

“Sesuai dengan pedoman bawaslu, mekanisme yang digunakan adalah evaluasi kinerja atau existing dari anggota Panwascam Pemilu 2024 yang lalu,” katanya, Kamis (25/4/2024).

Lanjutnya, para peserta existing atau panwascam pemilu 2024 nantinya akan mengikuti penilaian evaluasi kinerja, dengan standar evaluasi Bawaslu RI. Selanjutnya, akan dilakukan pemetaan atas keterpenuhan panwascam, berdasarkan hasil evaluasi kinerja terhadap panwascam existing.

“Apabila kedepannya para panwascam existing ini kurang dari tiga orang dan tidak memenuhi batas minimal evaluasi kinerja, maka kami akan melakukan kembali proses rekrutmen bagi pendaftar baru,” sebutnya.

Peserta panwascam existing tetap akan diminta melengkapi persyaratan administrasinya terlebih dahulu, yakni surat pernyataan kesediaan mengikuti seleksi, surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau puskesmas dengan mencantumkan hasil pemeriksaan tensi darah, kadar gula darah dan kolestrol.

"Kemudian surat keterangan sehat rohani dan bebas napza, serta beberapa surat pernyataan bermaterai," ucapnya.

Dia menjelaskan, panwascam yang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai panwascam pilkada 2024 akan diumumkan kepada masyarakat, sehingga ada masukan dan tanggapan terhadap panwascam existing yang memenuhi syarat.

"Yang pasti kami akan melakukan proses seleksi yang ketat untuk mendapatkan anggota panwascam yang terbaik," tutupnya. (RF-OR1)