Polisi Pastikan HOAX, Soal Isu Rumah di Komplek Ponton Sengaja Dibakar

Ilustrasi (Foto:kontenkalteng.com)

kontenkalteng.com, Palangka Raya - Masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk Kompleks Ponton digegerkan dengan adanya isu dugaan dengan sengaja membakar rumah masyarakat setempat.

Isu itu beredar luas di media sosial tentang dugaan adanya tindak pidana pembakaran rumah dengan saja. Merespon hal itu, aparat kepolisian setempat dengan cepat bergerak menindaklanjuti informasi tersebut.

Kapolsek Pahandut Kompol Volvy Apriana mengatakan, bahwa usai menerima informasi yang berhembus itu, pihaknya segera mengirimkan personelnya untuk langsung terjun ke lapangan guna mencari faktanya.

“Isu yang berkembang di masyarakat itu, dimana adanya dugaan tindak pidana pembakaran rumah dengan sengaja pada Komplek Puntun tepatnya di kawasan Jalan Murjani Gang Giat, RT. 2 / RW. XI, Kota Palangka Raya,“ katanya, Selasa (23/4/2024).

Dari penelusuran pihaknya, kabar tersebut pertama kali disebarkan oleh seorang warga berinisial AS melalui akun medsos Instagram pribadinya. AS ketika itu memposting tentang dugaan adanya orang yang berniat membakar rumah masyarakat setempat.

“Dugaan itu berawal dari peristiwa kebakaran sebuah rumah di kawasan Jalan Murjani Gang Giat pada Hari Kamis Tanggal 18 April lalu sekitar pukul 22.00 WIB, yang berhasil dipadamkan oleh warga setempat sehingga tidak sempat menghanguskan rumah,” urainya.

Fakta ditemukan di lapangan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Pahandut Bripka M. Hamsin, dimana pihaknya dapat memastikan bahwa itu merupakan kabar bohong alias hoax. Penyebar isu itu juga telah membuat video klarifikasi dari akun Instagram milik AS.

“Berdasarkan fakta di lapangan tidak ditemukan adanya unsur-unsur tindak pidana pembakaran maupun hal-hal lainnya sebagaimana postingan dari AS,” tegasnya. (RF-OR1)

Baca juga: Dilakukan Peroangan, 9 Kasus Karhutla di Kalteng Tangani Polisi