Terancam Roboh, Pohon Akasia Jalan Simpang Jalan Mahir Mahar - Yos Sudarso Ditebang

Petugas ketika sedang melakukan penebangan terhadap Pohon Akasia, Selasa (26/3/2024) kemarin.

kontenkalteng.com, Palangka Raya - Masyarakat melaporkan ke Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangka Raya mengenai adanya pohon yang ditakutkan akan tumbang.

Baca juga: 4 Pohon Rawan Tumbang di Palangka Raya Ditebang Habis

Laporan itu kemudian ditindak lanjuti dan dilakukan penebangan terhadap satu pohon jenis Akasia yang terletak di Jalan Simpang Jalan Mahir Mahar - Yos Sudarso, pada Selasa (26/3/2024) siang kemarin.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Palangkaraya, Hendrikus Satriya Budi mengatakan, berdasarkan keterangan pelapor, ada pohon akasia yang kondisinya condong ke arah jalan dan telah keadaan mati serta tidak memiliki daun hidup hingga rantingnya berjatuhan ke arah jalan. 

“Hal itu di khawatirkan apabila ada hujan lebat atau angin kencang sewaktu-waktu pohon tersebut bisa roboh dan dimungkinkan bisa membuat kecelakaan bagi pengguna jalan. Oleh karena itu dilakukan penebangan,” katanya, Rabu (27/3/2024).

Lanjutnya, dalam penanganan pohon tumbang ini pihaknya mengerahkan sejumlah personel untuk bersama-sama menebang pohon itu yang dilengkapi dengan enam unit mesin chainsaw, parang dan tali.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai pohon tumbang yang rapuh. Jika melihat ada pohon rapuh agar dapat melaporkannya untuk segera ditindak lanjuti,” pungkasnya. (RF-OR1)