Sering Mual Saat Hamil? Ini Tips Sederhana Cara Mengatasinya

Ilustrasi (unsplash)

Mual dan muntah saat hamil dikenal dengan istilah morning sickness, karena memang paling sering muncul pada pagi hari.

Baca juga: Bunda Sedang Hamil? Simak 6 Tips Menjalani Puasa Sehat untuk Ibu Hamil

Meski mual muntah pada ibu hamil adalah kewajaran, sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Selain bisa mengganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman, hal ini ternyata juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan. 

Akibatnya terkadang membuat ibu enggan mengonsumsi makanan, serta muntah yang terjadi berisiko menyebabkan kurangnya asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

Dilansir dari halodoc.com, berikut tips cara mengatasi mual saat ibu Hamil.

1. Tetap Makan dalam Porsi Kecil

Mual yang muncul mungkin akan mengganggu nafsu makan bumil, tapi sebaiknya hal ini tidak dibiarkan. Calon ibu membutuhkan energi dan asupan nutrisi yang lengkap, agar kondisi kesehatannya serta janin yang dikandung selalu terjaga. Tetap makan dalam porsi kecil untuk membantu mengurangi mual yang muncul. 

2. Hindari Makanan Berbau Tajam

Selain mengatur porsi makan, bumil juga harus pintar-pintar memilih makanan yang dikonsumsi. Biar mual tidak memburuk, sebaiknya hindari jenis makanan yang berbau tajam. Sebab saat hamil, indra penciuman biasanya menjadi lebih sensitif.

3. Minum Teh Jahe

Secangkir teh jahe hangat akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Tidak hanya itu, ramuan ini juga diketahui efektif meredakan mual dan muntah pada ibu hamil. Selain teh, ibu juga bisa mengonsumsi permen jahe atau minta. 

4. Banyak Minum Air Putih

Selain meredakan mual, minum air putih juga bisa membantu menghidrasi tubuh. Dengan begitu, risiko bumil mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh akan lebih kecil. 

Pasalnya, dehidrasi saat hamil bisa berbahaya dan menimbulkan komplikasi. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko bayi yang lahir mengalami penyakit, gangguan saraf, kecacatan, hingga kelahiran prematur.

Untuk menghindarinya, bumil disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari. 

5. Konsumsi Suplemen Kehamilan 

Bumil juga bisa menjaga kondisi tubuh dan mengatasi mual saat hamil dengan konsumsi suplemen khusus. Hal ini juga akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi calon ibu dan janin yang dikandung. 

Namun, konsumsi suplemen jangan dilakukan dengan sembarangan. Selalu bicarakan terlebih dahulu terkait jenis suplemen yang aman dan boleh dikonsumsi. (OR2)