Terpantau CCTV Bobol Kotak Amal Mesjid di Palangka Raya, Pria Asal Jakarta Ditangkap Warga

Pengurus Masjid Nurul Ikhwan, Mahfud bersama warga menunjukkan kotak amal bekas dibobol pelaku, Jumat (29/3/2024).

kontenkalteng.com, Palangka Raya - Maling kotak amal Masjid Nurul Ikhwan di Jalan Tantina, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya berhasil ditangkap warg, Jumat (29/3/2024) dini hari. 

Baca juga: Di Palangka Raya, Sindikat Pembobol Ruko Antar Provinsi Ini Kena Batunya.

Terduga pelaku berinisila JL (39) yang dan memiliki KTP DKI Jakarta itu tertangkap tangan warga usai membongkar kotak amal yang berada di dalam masjid. 

Pengurus masjid, Mahfud, mengatakan jika pelaku tertangkap saat ada warga yang beraktifitas di masjid untuk persiapan sahur sekitar pukul 01.00 WIB.

Warga saat itu melihat pria mencurigakan dan segera menghubungi warga lainnya. Tak lama pelaku kemudian ditangkap warga dan mengakui perbuatannya. 

"Kalau dari KTP sih orang Jakarta, cuma ngakunya tinggal di Jalan Bukit Indah. Sudah kita serahkan ke Polresta Palangka Raya," katanya dikonfirmasi Tabengan, Jumat siang.

Ia menerangkan, jika aksi pencurian di Masjid Nurul Ikhwan sudah terjadi sebanyak empat kali dan terekam kamera CCTV. Dari rekaman CCTV terlihat jika perawakan pelaku sama dengan pria yang tertangkap.

"Kalau masjid ini memang 24 jam tidak terkunci, karena nanti ada warga yang mau shalat tahajud dan sebagainya. Masjid juga sudah kita lengkap dengan CCTV," tuturnya. 

Untuk menjaga keamanan kotak amal, lanjut Mahfud, pihaknya telah mengambil uang di dalam kotak setiap harinya untuk dikumpulkan pasca sering terjadinya pencurian. 

"Sepertinya pelaku ini belum dapat uang, karena uang selalu kita kumpulkan setiap hari. Kalau ditotal empat kali pencurian, mungkin ada Rp2-3 Juta yang hilang," pungkasnya. (RF-OR1)